Pentingnya Menyiapkan Diri Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja setelah wisuda merupakan tantangan terbesar bagi mahasiswa fresh graduate. Setelah wisuda, mahasiswa fresh graduate memiliki keraguan dalam menentukan pekerjaan apa yang akan dipilih untuk menjadi pekerjaan pertama mereka. Perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat yang semakin pesat menjadi tantangan yang besar bagi calon tenaga kerja seperti mahasiswa fresh graduate. Mahasiswa fresh graduate sebagai generasi millennial adalah sumber daya manusia (SDM) potensial yang dihadapkan pada persaingan untuk meraih peluang kerja yang kompetitif. Ada 3 alasan mengapa mahasiswa fresh graduate perlu mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja, yaitu:

  1. Masuknya era revolusi industri 4.0

Era revolusi industri 4.0 merupakan zaman yang memajukan internet dan teknologi. Memasuki era industri 4.0 memaksa manusia memasuki dua dunia, yaitu dunia riil dan dunia virtual. Internet of things yang merupakan ruh di era ini yang mengkondisikan manusia secara personal bergantung kepada dunia virtual, yang semakin hari semakin complicated dan smart. Era revolusi ini menawarkan kepada pekerja kesempatan yang lebih luas karena perkembangan teknologi didalamnya dapat memberi kemudahan.

  1. Munculnya MEA di ASEAN

MEA atau dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean digagas untuk membentuk pasar tunggal yang menciptakan kondisi kompetitif antar negara ASEAN. MEA ini diawali dari adanya perjanjian bersama pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia yang menghasilkan satu visi bersama negara-negara Asia Tenggara (ASEAN Vision 2020).

  1. Ketatnya persaingan lapangan pekerjaan

Dunia kerja pada era sekarang sudah berbeda dari era sebelumnya. Di era sekarang ini, fokus yang dicari oleh perusahaan terhadap calon pekerjanya bukan lagi jurusan dan nilai akademis, melainkan minat dan skill dari para calon pekerjanya.

Itulah tiga alasan mengapa mahasiswa fresh graduate perlu mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja. Selain itu, pada tahun 2020 hingga 2030 nanti, diprediksi bahwa Indonesia akan mencapai puncak populasi usia produktif sebesar 70% dari total penduduk Indonesia. Hal ini dapat menjadi keuntungan untuk perekonomian dan kemajuan Indonesia apabila generasi millennial sebagai generasi dengan jumlah yang besar dapat dikelola dengan baik. So, prepare for yourself from now!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s