Meningkatkan Produktifitas di Tempat Bekerja

Menjaga efektifitas dan efisiensi waktu saat bekerja menjadi hal yang wajib dilakukan. Tetapi tak jarang, banyak orang yang belum bisa melakukan hal tersebut dengan efisien. Alasannya? Berbeda-beda, mulai dari hal-hal kecil yang mungkin menurutmu sepele sampai dengan hal-hal yang besar.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu dalam menjaga efektifitas

dan efisiensi waktu saat bekerja, apa saja?

 

Silent Handphone

Desain tanpa judulSiapa yang sering mengabaikan hal ini saat bekerja? Handphone memang menjadi godaan terbesar yang membuat kita menjadi kurang produktif. Tetapi hal tersebut masih bisa kamu atasi. Bagi sebagian orang silent handphone mungkin tidak terlalu dibutuhkan, karena mungkin sebagian besar menganggap tidak akan mengetahui jika tiba-tiba ada panggilan penting. Ada beberapa pilihan untuk me-silent hpmu, salah satunya pindahkan ke mode getar dan simpan di daerah yang masih dapat kamu jangkau. Jadi, ketika ada panggilan penting yang datang, kamu dapat mengetahuinya dengan cepat.

 

 

 

Bersihkan dan tata ulang meja kerjaDesain tanpa judul (1)

 

Hal lain yang mungkin menjadi penyebab tidak produktifnya dirimu adalah meja kerja yang berantakan dan kotor. Jangan menyepelekan hal ini ya, suasana meja kerja yang baru dan bersih dapat meningkatkan mood kamu agar lebih produktif dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

Tuliskan “Most Important Task” dalam sebuah post-it

Mulailah untuk memilah apa yang menjadi prioritas dalam pekerjaanmu. Setelah itu tuliskan dalam sebuah post-it dan tempel di meja kerjamu. Tujuannya adalah agar kamu mengetahui pekerjaan apa yang harus kamu lakukan dan kapan deadline untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Hal ini akan membuat pekerjaan mu lebih terorganisir dari sebelumnya.

Beristirahat Sejenak

Jika kamu sudah mulai merasa bosan dengan pekerjaan yang kamu lakukan, kamu dapat mengambil istrahat sejenak selama 10-20 menit. Lakukan stretching kecil yang dapat membuat tubuhmu lebih baik. Atau alihkan pandanganmu dari layar laptop maupun smartphone mu sejenak, agar matamu juga dapat ikut beristrahat.

Buat “done” list

Buatlah tanda ceklis atau “done” dalam setiap pekerjaan yang telah berhasil kamu selesaikan. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengorganisir pekerjaan apa yang bisa kamu lakukan setelah satu pekerjaanmu selesai. Hal ini efektif untuk membantu kamu agar lebih efisien dalam melakukan pekerjaanmu.

Senyum dan Selalu Bahagia

SmilePoint terakhir mengingatkan kamu untuk selalu tersenyum dan bahagia dalam melakukan setiap pekerjaan. Sebesar dan seberat apapun pekerjaan yang kamu lakukan, kamu harus yakin dapat menyelesaikannya dengan baik. Karena dengan tersenyum dan bahagia, energi positif yang dirimu timbulkan dapat membantumu lebih semangat untuk menyelesaikan masalah dan pekerjaan yang kamu hadapi.

Itulah tadi beberapa point yang dapat kamu aplikasikan saat kamu bekerja. Mungkin hal tersebut terlihat sepele, tetapi jika kamu dapat melakukannya dengan maksimal, maka kamu dapat memaksimalkan waktumu saat bekerja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s